Panduan Dapodik 2016


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera

Panduan dapodik 2016 ini, dan berdasarkan admin panduan yang dibentuk oleh Dirjen Dikdasmen revisi ini sangat lengkap penjelasannya alasannya di tampilkan secara detil melalui klarifikasi dan Screenshoot sebagai petunjuk sehingga akan lebih gampang dipahami pembaca. Selain itu Panduan ini dimaksudkan untuk memperlihatkan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2016 secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri di sekolah. Melalui panduan ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2016 sanggup dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memperlihatkan kemudahan dalam memperlihatkan isu yang luas kepada operator perihal penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2016 dalam bentuk panduan.




Berikut yaitu daftar isi lengkap panduan dapodik versi 2016 yang sanggup dipelajari oleh rekan-rekan ops.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................ iii
BAB I INFORMASI UMUM .................................................................. 1
1.1 Penjelasan Aplikasi ............................................................... 1
1.2 UU ITE ............................................................................ 4
1.3 Peran dan Tanggung Jawab .......................................................... 5
1.4 Kerahasiaan Data .................................................................. 6
1.5 Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)............................................ 7
1.6 Spesifikasi Minimum Software (Operating System dan Browser) ............. 8
BAB II KETENTUAN UMUM ................................................................. 9
2.1 Kode Registrasi ................................................................... 9
2.2 Data Prefill ...................................................................... 9
2.3 Menjalankan Aplikasi .............................................................. 10
2.4 Validasi .......................................................................... 10
2.5 Kuncian Data ...................................................................... 11
2.6 Versi Aplikasi .................................................................... 11
BAB III INSTALASI APLIKASI DAPODIK .................................................... 13
3.1 Persiapan Instalasi ............................................................... 13
3.2 Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik ........................................ 22
3.3 Registrasi Aplikasi Dapodik ....................................................... 27
3.4 Deinstalasi Aplikasi Dapodik ...................................................... 33
BAB IV PENGENALAN APLIKASI ............................................................ 37
4.1 Tampilan dan Navigasi ............................................................. 37
4.2 Daftar Perbaikan dan Pembaruan .................................................... 44
BAB V DESKRIPSI PERBAIKAN DAN PEMBARUAN ............................................... 47
5.1 Sekolah ........................................................................... 47
5.2 Sarana dan Prasarana .............................................................. 52
5.3 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ............................................ 68
5.4 Peserta Didik ..................................................................... 85
5.5 Tabel Rombongan Belajar ........................................................... 103
5.6 Validasi dan Sinkronisasi ......................................................... 134
5.7 PIP (Program Indonesia Pintar) ..................................................... 146
5.8 1 Aplikasi Untuk 2 Sekolah ......................................................... 148
5.9 Pemetaan Operator Sekolah yang Merangkap

BAB I Informasi Umum
1.1 Penjelasan Aplikasi
 
Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 perihal Data Pokok Pendidikan, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberikan kewenangan untuk merancang mekanisme pengumpulan data, melaksanakan sosialisasi dan membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien serta mengoordinasikan pengumpulan semua data pokok pendidikan dari satuan pendidikan yang berada di bawah pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengumpulan data pokok pendidikan yang dimaksud yaitu meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan isu pembelajaran, sarana dan prasarana, kelembagaan, dan penerima didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.


Seiring dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 perihal Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terjadi penyatuan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Oleh alasannya itu, diharapkan rancangan mekanisme pendataan yang mengikat seluruh unit kerja terkait, sehingga terjadi integrasi menyeluruh atas acara pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Upaya untuk mewujudkan pendataan yang terintegrasi ini dilakukan dengan membangun mekanisme dan aplikasi pendataan melalui satu pintu. Sistem pendataan berbasis teknologi infromasi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN).



Aplikasi Dapodik Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun pedoman 2016/2017 diberi nama Aplikasi Dapodik Versi 2016. Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dikemas dalam bentuk installer yang sanggup dipakai oleh semua jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). 


Otoritas data pengguna (username dan password) dan penambahan data PTK gres pada Aplikasi Dapodik telah diberikan pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sehingga kalau terdapat pergantian operator sekolah dan/atau tambah PTK Baru, maka sekolah harus melapor dan berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Data pengguna akan dipakai dikala mengunduh data prefill dan proses pendaftaran Aplikasi Dapodik Versi 2016.

Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tranformasi tampilan gres yang lebih berwarna dari tampilan Aplikasi generasi sebelumnya. Menu Aplikasi yang sebelumnya terletak di atas sekarang disajikan di sisi kiri aplikasi serta kalau diharapkan sajian ini sanggup disembunyikan. Sekolah juga sanggup menampilkan foto sekolah dan operator sekolah melalui pengaturan sajian profil pengguna.
Pendataan dengan aplikasi Dapodik Versi 2016 ini wajib dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Aplikasi Dapodik Versi 2016 dipakai untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yaitu: Data Satuan pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, serta Substansi Pendidikan. Data pada Aplikasi Dapodik bersifat individual, maka keempat entitas data pokok pendidikan tersebut harus diisikan secara lengkap dan terperinci meliputi semua atributnya. Di dalam Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini disediakan menu-menu yang mengakomodasi semua entitas data pokok pendidikan beserta mekanisme transaksional secara periodik.


Pola input data masih dipertahankan sama dengan Aplikasi generasi sebelumnya. Namun untuk validasi data menjadi lebih ketat khususnya validasi data yang terkait dengan data PTK. Pengiriman data masih memakai sistem pengiriman 2 arah yakni melalui metode sinkronisasi data.
Untuk mendukung implementasi Aplikasi Dapodik Versi 2016 supaya berjalan dengan baik, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyusun Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016. Buku ini sanggup menjadi panduan sekolah dalam implementasi pendataan Dapodik, dan menjadi pedoman bagi petugas operator sekolah dalam melaksanakan kiprah dan tugasnya dalam input data dan operasional Aplikasi Dapodik Versi 2016.
BERSAMBUNG....

LANJUTKAN MEMBACA PANDUAN PENGGUNAAN DAPODIK VERSI 2016 REVISI.PDF - KLIK DISINI

Atau Download Aplikasi DAPODIK Versi 2016 Disini dan Data Prefill Disini

Demikian share Panduan Penggunaan Dapodik 2016 Versi Revisi 30 Juli 2016 Pdf. Semoga bermanfaat dan membantu rekan-rekan operator sekolah. Untuk isu lainnya klik Disini


EmoticonEmoticon