Panduan Evaluasi Sd,Smp,Sma,Smk Kurikulum 2013 Terbaru

Dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, guru dituntut untuk sanggup merencanakan dan melakukan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu siswa secara komprehensif, mencakup evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengolah dan menciptakan laporan hasil mencar ilmu siswa secara objektif, akuntabel, dan informatif.
Kendati demikian, dalam praktiknya tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dan permasalahan dalam menerapkan evaluasi yang diisyaratkan dalam Kurikulum 2013 tersebut. Beberapa pertanyaan teknis yang kerapkali muncul di kalangan guru, antara lain:
  • Bagaimana berbagi teknik evaluasi perilaku untuk mengukur Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2)?
  • Bagaimana menerapkan teknik evaluasi portofolio atau projek untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) dan kompetensi keterampilan (K-4)?
  • Bagaimana menciptakan Laporan Hasil Belajar Siswa? 
Tentu masih banyak lagi persoalan-persoalan teknis evaluasi lainnya yang menghinggapi fatwa guru. Berbagai kesulitan guru dalam berbagi evaluasi siswa tersebut sepertinya disadari sepenuhnya oleh Kemendikbud. Oleh alasannya ialah itu, guna membantu guru dalam merencanakan dan melakukan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu siswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat terkait, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), telah menerbitkan buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA); Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); Panduan Penilaian untuk SMP (SMP); dan Panduan Penilaian untuk SD (SD). Buku Panduan Penilaian ini dibutuhkan sanggup memfasilitasi guru dan sekolah dalam berbagi evaluasi proses hasil mencar ilmu siswa yang sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Dalam Buku Panduan ini disajikan wacana konsep, teknik dan mekanisme penilaian, baik untuk evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan maupun evaluasi keterampilan, disertai dengan beberapa contoh format penilaiannya. Di samping itu, dijelaskan pula wacana teknis pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil evaluasi dan pemanfaatan hasil penilaian, termasuk di dalamnya disajikan teladan Format Rapor dan Cara Pengisiannya.
Jika Anda ingin men-download Buku Panduan Penilaian silahkan klik tautan di bawah ini:


EmoticonEmoticon