Persiapan Untuk Pertunjukan Teater (Naskah, Pemain, Properti, Tempat, Penonton)

       Mempersiapkan penyajian pementasan sangat penting alasannya ialah ukuran keberhasilan sanggup dinilai dengan persiapan yang baik dan matang. Demikian pula dengan pementasan teater. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pementasan teater ialah sebagai berikut.
1. Naskah atau Lakon
    Naskah atau lakon harus dibentuk terlebih dahulu alasannya ialah kiprahnya sangat penting dalam sebuah pertunjukan teater. Naskah ini akan memberi batasan kepada sutradara dan pemain serta untuk adaptasi panggung dan latar.
2. Pemain
    Pemain ialah orang-orang yang akan memerankan tokoh yang ada dalam naskah. Pemilihan pemain yang sesuai dengan naskah akan besar lengan berkuasa pada keberhasilan suatu peran, bahkan keberhasilan secara keseluruhan pementasan.
3. Properti
    Properti atau pakaian yang akan dikenakan oleh pemain sangat penting alasannya ialah akan menunjang pada pengidentifikasian tokoh atau abjad tertentu. Properti harus sesuai dengan tugas apalagi pada pementasan
teater yang membawakan dongeng pewayangan. Misalnya, seorang raja menggunakan baju kerajaan dan menggunakan mahkota.
4. Arena Pertunjukan
    Arena pertunjukan ialah kawasan untuk pelaksanaan pementasan. Tempat ini sanggup di lapangan terbuka atau ruang pementasan. Jika di kawasan terbuka, semuanya harus diubahsuaikan dengan keadaan. Misalnya,pencahayaan sanggup menggunakan obor atau lampu petromak, latar sanggup sederhana tanpa background, posisi penonton sanggup setengah melingkar, dan pengiring musik sanggup ditempatkan di samping.
5. Penonton
    Penonton ialah penikmat pertunjukan teater. Penonton harus ditempatkan sesuai dengan posisi panggung, jangan hingga posisi penonton berada di belakang panggung. Satu hal yang penting yaitu memilih cara supaya pertunjukan dipenuhi oleh penonton. Caranya sanggup dilakukan yaitu dengan pengumuman lewat pam flet, poster, baliho, atau untuk di pedesaan biasanya pengumuman eksklusif melalui
pengeras bunyi yang berkeliling. Di zaman modern menyerupai sekarang, sanggup menggunakan iklan di televisi atau radio. (bse seni teater oleh Alien Wariatunnisa, Yulia Hendrilianti)


EmoticonEmoticon