Kartu Uno Syariah Yang Terkenal Untuk Berguru Ekonomi Islam



Jual beli, berbisnis, bersedekah, hingga berhutang merupakan teladan acara ekonomi yang sarat dalam kehidupan sehari-hari. Minimnya pemahaman masyarakat mengenai adat dalam melaksanakan acara ekonomi tersebut, sering kali menjadi penyebab terjadinya penyimpangan prilaku ekonomi bahkan memicu terjadinya konflik antar masyarakat.
Islam hadir tidak hanya sebagai agama yang berbicara soal aspek ibadah insan kepada Tuhan saja, melainkan juga mengajarkan ihwal aspek kekerabatan antar sesama insan termasuk ekonomi (mu’amalah).

Fenomena tersebutlah yang lalu disadari oleh lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor sebagai problem sekaligus peluang yang harus diselesaikan. Bermodal kreativitas yang dimiliki hasilnya mereka menggagas sebuah pandangan gres lalu diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) yang diadakan oleh Kemenristek Dikti RI yang bertemakan Inovasi Edukasi Ekonomi Islam Sejak Dini.

Mereka membuat permainan kartu US alias Uno Syariah sebagai media pembelajaran serta menerapkan Learn, Play, and Implement Method. Tim yang diketuai oleh Retno Khoirunnisa (Ilmu Ekonomi Syariah 2014) serta dianggotai oleh Annissa Permata dan Utami Amanda (Ilmu Ekonomi Syariah 2014), Nur Kholis Hanifah (Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat 2014), serta Nunuh Nugraha (Kimia 2015). Mereka hasilnya berhasil lolos menjadi salah satu acara yang dibiayai oleh Kemenristek Dikti RI.


Hingga dikala ini, acara dedikasi masyarakat ini masih berlangsung secara rutin setiap hari Rabu di SMAN 5 Bogor sebagai mitranya. Program ini lalu mendapat respons yang sangat baik, salah satunya tiba dari salah satu guru di sekolah tersebut, “Idenya sangat kreatif dan bisa membuat proses berguru tidak membosankan. Selain itu juga, siswa jadi lebih gampang memahami bahan ekonomi Islam yang disampaikan. Ke depannya US ini akan saya adopsi dan kembali saya terapkan dalam proses berguru di kelas,” papar Bapak Sonang (Guru Mata Pelajaran Ekonomi) ketika diminta bertestimoni.

US merupakan permainan kartu yang mengadopsi kartu Uno yang sudah lebih dulu terkenal di kalangan belum dewasa hingga remaja. Sebagai penemuan dakwah kreatif, keunikan dari kartu US terletak pada konten kartu yang berisi pengetahuan dasar ekonomi Islam yang dekat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Permainan ini disajikan dalam dua versi yakni: (1) Basic Level berisi konten jual beli, hutang-piutang, berbisnis syariah, dan ZIS (Zakat, Infaq, dan Sadakah), dan (2) Advance Level berisi konten akad-akad yang sering dipakai dalam acara ekonomi sesuai syariat Islam menyerupai Mudharabah, Musyarakah, Ijarah, dan Murabahah.

Meskipun konten US sangat berbeda dengan Uno pada umumnya, namun US tidak akan kehilangan esensi keseruan permainannya. Hal ini alasannya ialah “US” juga menyajikan Kartu Riba, Kartu Kuis, dan Kartu Putar Balik. “Saya berharap kedepannya US sanggup menjadi media pembelajaran yang inovatif, edukatif, dan aplikatif, serta sanggup dipakai secara berkelanjutan dalam kurikulum berguru di Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Bogor khususnya, dan bagi sekolah-sekolah/perguruan tinggi lainnya pada umumnya. Atau bahkan memberi manfaat yang lebih luas lagi, sebagai percontohan bagi para stakeholder maupun masyarakat yang ingin mengunakan US sebagai media pembelajaran di banyak sekali acara dedikasi masyarakat lainnya,” kata Retno selaku ketua tim PKM-M.


EmoticonEmoticon