Cara Pendaftaran Operator Sekolah Di Aplikasi Dapodik Versi 2016


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera

Sahabat Duniadikdas, Pada aplikasi dapodik versi 2016 pendaftaran sanggup dilakukan secara online dan offline. Silahkan diadaptasi dengan kondisi tempat anda. Jika jaringan mendukung, kami sarankan operator sekolah memakai pendaftaran online. Tahap Registrasi ini merupakan tahap dimana sehabis install aplikasi dapodik di laptop. Akan tetapi bila hanya melaksanakan proses upgrade versi yaitu installasi memakai file updater maka tidak diharapkan untuk pendaftaran aplikasi. Perbedaan pendaftaran pada aplikasi versi 2016 ialah pada fungsinya. Proses pendaftaran yang sebelumnya sebagai proses tambah data pengguna (operator sekolah) sekarang berubah fungsinya menjadi verifikasi data pengguna. Username dan password harus terdaftar sebelumnya di server Dapodik semester sebelumnya serta harus cocok dengan isyarat pendaftaran milik sekolah. Contoh ibarat gambar dibawah ini:


Sahabat operator sekolah, bila ingin menambah data pengguna gres (operator sekolah) sanggup dilakukan di KKDATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota oleh admin dapodik dinas. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu mengenai Cara Registrasi Operator Sekolah di Aplikasi Dapodik Versi 2016.

1. Cara Registrasi Online.
 
Pertama pilih pendaftaran online (tidak perlu prefill). berikutnya inputkan data username, password dan isyarat pendaftaran dapodik sekolah anda dengan benar. Nah bila koneksi Internet lancara, maka Proses pendaftaran online kurang lebih berlangsung selama 5 menit
Jika terdapat kesalahan data maka akan muncul peringatan data sekolah tidak ditemukan atau data pengguna salah. Pada proses pendaftaran yang berhasil maka akan muncul notifikasi Sinkronisasi selesai, kemudian diarahkan ke halaman login aplikasi ibarat penampakkan gambar dibawah ini :

 
2. Cara Registrasi offline
Sahabat operator sekolah, pada Proses registasi offline, berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan.
  • Siapkan file prefill yang sudah berhasil diunduh (lihat klarifikasi mengenai file prefill hasil generate di Bab 4 mengenai persiapan instalasi aplikasi).
  • Pastikan nama file prefill hasil unduhan tidak mempunyai angka (1), (2), dst. Hal tersebut disebabkan oleh pengguna yang pernah mengunduh file prefill lebih dari satu kali dan disimpan di tempat/direktori yang sama.
 
  • pastikan nama pada prefill tidak terdapat angka (1), (2), dst. lantaran itu salah. Sedangkan gambar dengan nomor 2 ialah referensi file prefill yang benar.
  • Selanjutnya, taruh file prefill di direktori C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

  • Berikutnya jalankan aplikasi Dapodik yang berada di Start Menu atau klik ganda ikon Dapodik yang ada di Desktop.
  •  Cara lain yang sanggup dipakai untuk membuka aplikasi dapodik ialah mengetikkan alamat localhost:5774 di address kafe browser anda.
 
  • Isi lengkap form pendaftaran yang tertera di aplikasi Dapodik, kemudian klik “Submit”
  • berikutnya bila berhasil melaksanakan registrasi, akan ada peringatan “Proses sinkronisasi telah selesai”. Lanjutkan dengan login memakai username dan password yang sudah berhasil diregistrasikan kemudian klik tombol “Masuk” ibarat penampakkan gambar dibawah.
Demikian Cara Registrasi Operator Sekolah di Aplikasi Dapodik Versi 2016 yang sanggup admin postingkan. Semoga bermanfaat. Jangan Lupa Baca Juga : Panduan Dapodik 2016


EmoticonEmoticon