Pedoman Pelaksanaan Era Orientasi Siswa ( Mos ) Tahun Bimbing 2016/2017

Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan masa pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Menjelang pelaksanaan MOS Tahun Ajar 2016/2017 tentu banyak persiapan yang harus dilakukan diantaranya mencakup persiapan administrasi, materi-materi yang akan disampaikan hingga dengan pembentukan panitia serta kegiatan kegiatan MOS tersebut. Selain aspek teknis perlu diperhatikan juga pedoman pelaksanaan MOSyang sesuai dengan Pedoman yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk Tahun Ajar 2016/2017.

Pelaksanaan MOS untuk tahun ini sedikit berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya beberapa perubahan dalam ketentuan pelaksanaan MOS tahun ini diantaranya tolong-menolong kegiatan MOS dilakukan oleh Guru, Bukan Kakak Kelas.




JELANG bergulirnya tahun anutan gres 2016/2017, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak ingin kecolongan lagi. Mereka pun mengeluarkan regulasi gres soal masa orientasi siswa (MOS) dan rekrutmen anggota gres ekstrakurikuler.


Tujuannya mencegah terjadinya perpeloncoan dan kekerasan lain. Regulasi gres terkait masa orientasi siswa gres (MOS) dan rekrutmen anggota ekstrakurikuler itu tertuang dalam Permendikbud 18/2016 ihwal Pengenalan Lingkungan Sekolah.


Seperti diketahui, tahun kemudian masih ada praktek perpeloncoan ketika MOS dan potensi kekerasan fisik ketika rekrutmen ekstrakurikuler. Bahkan ada seorang siswa di Bekasi yang meninggal akhir tidak berpengaruh mengikuti kegiatan MOS.


’’Bentuk-bentuk perpeloncoan, perundungan (bullying), dan kekerasan fisik serta psikis harus dihapus di sekolah,’’ kata Mendikbud Anies Baswedan di Jakarta.


Anies mengatakan, perlu dibentuk hukum ketat agar dapat mencegah kekerasan itu terjadi. Cara mengantisipasinya yaitu dengan tetapkan bahwa MOS atau pengenalan lingkungan sekolah murni dilakukan oleh guru.


Mantan rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan Kemendikbud tidak ada niat untuk membatasi kegiatan di sekolah. Namun hukum itu perlu dibentuk untuk menghapus budaya-budaya negatif selama proses penerimaan siswa baru.



Untuk itu sebagai pedoman dalam pelaksanaan MOS di Sekolah Bapak/Ibu, silahkan diunduh pedoman Pelaksanaan MOS Tahun Ajar 2016/2017 untuk semua jenjang pada link dibawah ini.

Download Pedoman Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa ( MOS ) Tahun Ajar 2016/2017


EmoticonEmoticon