Unsur-Unsur Pementasan Drama

        Dalam pementasan drama terdapat unsur-unsur drama yang mendukung pementasan. Saat menonton pementasan drama Anda sanggup menilai hal-hal yang terkait dengan pementasan drama. Hal-hal yang terkait dengan pementasan drama sebagai berikut.

1. Tata Rias
    Tata rias sanggup memperlihatkan pertolongan kepada pemain untuk menciptakan perubahan pada wajah pemain sesuai dengan abjad yang akan diperankan. Misalnya, mengubah pemain yang masih muda menjadi nenek tua.

2. Pakaian atau Kostum
    Pakaian atau kostum sanggup mendukung pemain untuk memerankan abjad yang diperankan. Misalnya, pemain memakai baju kotor dan compang-camping untuk memerankan tokoh pengemis.

3. Tata Panggung
    Tata panggung menggambarkan latar dongeng drama. Misalnya, dipanggung terdapat lampu minyak dan beberapa dingklik tamu berarti dongeng drama yang dipentaskan memiliki latar daerah di ruang tamu pada dikala malam hari.

4. Tata Bunyi
    Tata bunyi akan membantu menggambarkan situasi yang terjadi dalam pementasan drama. Misalnya, dikala pementasan terdengar bunyi jangkrik berarti suasana dikala pementasan drama sedang sunyi sehingga hanya bunyi jangkrik yang terdengar.

Selain hal-hal yang terkait dengan pementasan drama, Anda sanggup menilaihal-hal berikut.
1. Penjiwaan pemain dalam memerankan abjad yang dimainkan.
2. Ekspresi yang dipakai pemain.
3. Gerak-gerik pemain.
4. Lafal yang dipakai pemain.
5. Intonasi yang dipakai pemain.
6. Volume bunyi yang dipakai pemain.


EmoticonEmoticon