Perangkat Input Komputer Dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)

Perangkat input (masukan) merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer. Input tersebut sanggup berupa signal input atau sanggup juga berupa maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa aktivitas yang dipakai untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, selain dipakai untuk memasukkan data alat input juga dipakai untuk memasukkan program.

Prinsip kerja perangkat input yaitu dengan mengubah perintah yang dipahami insan ke dalam bentuk yang sanggup dimengerti komputer (machine readable form). Bentuk yang sanggup dimengerti oleh komputer ialah kode-kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1.

Perangkat input sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perangkat input eksklusif dan perangkat input tidak langsung. Pada perangkat input langsung, input yang dimasukkan akan eksklusif diproses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat input eksklusif antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition) dan touch screen.

Pada perangkat input tidak langsung, input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya input tersebut disimpan pada media simpanan luar (external memory) mirip magnetic disk (hard disk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.

1) Keyboard
    Keyboard atau papan ketik merupakan papan yang berfungsi sebagai kawasan tuts arahan abjad dan untuk melaksanakan pengetikan abjad dan angka serta karakter lain yang dibutuhkan. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Keyboard mempunyai tombol-tombol mirip pada mesin ketik. Dengan menekan tuts, abjad atau angka yang tertera pada tuts tersebut masuk ke dalam komputer.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Ada beberapa bab dalam keyboard, yaitu mirip berikut.
1. Typewriter Keys
    Bagian ini merupakan bab yang paling komplit. Tombol-tombol typewriter keys terdiri atas tombol-tombol abjad (alphabetic), angka (numeric), dan tanda baca (punctuation).
2. Control Keys
    Bagian Control keys sebetulnya terdapat pada bab typewriter keys. Pada bab ini, terdapat tombol-tombol karakter khusus, mirip tombol Enter, Backspace, Shift, Capslock, Tab, Ctrl, dan Alt.
3. Functions Keys
    Tombol functions key terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 hingga dengan F12 yang terletak di keyboard bab atas.
4. Keypad
    Keypad merupakan tombol-tombol yang terletak di bab sebelah kanan, yang berisikan tombol angka (numeric) beserta tombol operator aritmatika mirip perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Selain itu, juga ada tombol Enter, Numlock serta tombol-tombol lain yang berfungsi untuk menggerakkan kursor (misal: Pgup, Pgdn, Home, End, ←, →, ↑, dan ↓).
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1) Keyboard Serial
    Menggunakan DIN 5 male dan biasanya dipakai pada komputer tipe AT.
2) Keyboard PS/2
    Biasanya dipakai pada komputer ATX dan dikala ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, alasannya port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
3) Keyboard Wireless
    Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak memakai kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang dipakai ialah infrared, Wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, diharapkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan peserta biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
4) Keyboard USB
    Komputer terbaru dikala ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

2. Mouse
    Mouse atau tetikus ialah suatu alat aktivis kursor pada sistem operasi berbasis grafik atau GUI (graphical user interface). Tujuan memakai mouse ialah fasilitas dan kecepatan dalam memakai komputer. Ketika mouse digerakkan, tanda panah pada monitor bergeser ke arah yang sama dengan gerakan mouse. Dengan alat ini, data dan perintah gampang dimasukkan ke komputer. Saat ini, jenis mouse yang paling banyak dipakai ialah mouse optik. Di bab bawah mouse optik terdapat sebuah bola yang dihubungkan dengan dua roda atau gir yang mempunyai celah kecil. Jika roda berputar akhir bola gerak, berkas sinar menjadi terputus. Komputer mendeteksi arah gerakan mouse dari perubahan berkas sinar tersebut.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.
  1. Klik satu kali (single clik): artinya menekan tombol kiri mouse secara sempurna dan cepat
  2. Klik dua kali (double clik): artinya menekan tombol mouse dua kali secara sempurna dan cepat, sanggup dipakai pula untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder dan sebagainya.
  3. Klik kanan (right clik): artinya menekan tombol kanan mouse secara sempurna dan cepat
  4. Klik dan geser (drag): artinya tekan terus tombol kiri mouse kemudian geser posisi tertentu sesuai dengan cita-cita dan lepaskan bila posisi yang diinginkan telah tercapai.

Berdasarkan prinsip kerjanya, mouse sanggup digolongkan pada beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Mouse mekanis
    Bola yang berada ditubuh mouse akan berputar kalau mousenya digeser. Putaran bola ini akan memutar dua buah roda sensor yang dipasang secara ortogonal, sehingga dengan demikian akan diketahui posisi dari kursor mousenya.
2) Mouse Optik
    Sensornya terdiri dari dua buah LED dan dua buah lensa (photo-transistor) untuk mendeteksi gerakan. Salah satu LED mengeluarkan cahaya merah, yang lainnya mengeluarkan cahaya inframerah. Jenis mouse ini memerlukan landasan khusus yang berisi jala-jala yang tersusun tegak lurus. Jala-jala tersebut akan menyerap warna tertentu kalau mouse digerakkan menuju arah tertentu.
Untuk melaksanakan operasi mouse sanggup dilakukan dengan beberapa cara:
1) Tunjuk (Point)
    Membawa penunjuk mouse ke bab yang dikehendaki pada suatu ikon, perintah atau nama.
2) Klik (Click)
    Menekan tombol mouse sekali dan segera melepaskan (seperti kalau menekan tombol keyboard). Tombol mouse biasanya tombol kiri, bagi pemakai yang kidal sanggup diubah menjadi tombol kanan.
3) Klik ganda (Double Click)
    Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse.
4) Seret (Drag)
    Proses seret ini dipergunakan untuk memindahkan suatu bab (bagian berupa jendela, ikon, teks, dan sebagainya). Cara menggunakannya, tunjukkan pada bab yang akan dipindah, sambil menekan tombol mouse, dan geserlah mouse sesuai yang dikehendaki. Setelah hingga pada bab yang dikehendaki tombol mouse dilepas.
5) Klik kanan
    Klik kanan sanggup dilakukan satu kali untuk menampilkan sajian Cut, Copy, Paste, Font, Paragraph, Bullet and Numbering, Hyperlink, Synonyms, Select text with similar formating, dan Translate.

3. Trackball
    Alat ini hampir sama dengan mouse. Perbedaannya terdapat pada letak roda pemutarnya. Pada Trackball, roda pemutarnya berada di atas sehingga memutarnya dengan jari tangan kita.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Trackball ialah alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang mempunyai sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk sanggup menaikkan atau menurunkan layar.

4. Joystick
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Alat ini merupakan perangkat suplemen untuk permainan atau game. Apabila kalian masuk ke area bermain atau game zone di sebuah super mal, banyak ditemukan alat ini. Alat ini dipakai untuk media input di permainan. Alat ini berisi tombol navigator yang mempunyai kegunaan untuk menggerakkan objek pada permainan.

5. Light Pen
    Light pen merupakan alat yang ibarat pena. Alat ini sanggup memancarkan sinar yang mempunyai kegunaan untuk menulis eksklusif pada suatu layar monitor atau bidang datar khusus.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Dengan memakai light pen, kita sanggup eksklusif memasukkan data, baik angka maupun abjad ke CPU melalui layar monitor. Pada layar monitor, terdapat tomboltombol yang mempunyai kegunaan untuk setting jenis angka atau abjad dan waktu eksekusi.

6. Scanner
    Scanner merupakan alat yang dipakai untuk memindahkan gambar atau goresan pena yang tercetak di kertas ke komputer dengan cara pemindaian (scanning). Selanjutnya, gambar atau goresan pena tersebut sanggup diolah dengan aktivitas aplikasi tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Adapun brand scanner yang biasa dipakai diantaranya: Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan sebagainya. Scanner yang biasa dipakai untuk melaksanakan pemindaian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ulangan umum dan ujian Nasional ialah Scaner IR yang mempunyai lampu sensor yang dibentuk optik sehingga mengenali jenis pensil 2B.

7. Panel Sensitif Sentuhan (Touch Screen)
    Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus eksklusif ke layar komputer. Panel ini bekerja dengan cara menginterupsi matrix berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Mempunyai rasio kontrol/tampilan sama dengan satu. Cocok untuk ditempatkan ditempat ramai dan kurang “ramah”.

8. Camera Digital dan Handycam
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Perkembangan teknologi telah begitu canggih hingga komputer bisa mendapatkan input dari kamera dan Handy-Cam. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih anggun dan lebih baik dibandingkan dengan cara yang menyalin gambar yang memakai scanner.

9. Mikropon dan Headphone
    Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/ memasukan bunyi yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Dengan mikrofon, kita sanggup merekam bunyi ataupun sanggup berbicara kepada orang yang kita inginkan pada dikala chatting.

10. Graphics Pads
    Teknologi Computer Aided Design (CAD) sanggup menciptakan rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat memakai Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input untuk menggambar objek pada monitor.
 merupakan perangkat yang dipakai untuk mendapatkan input berupa data atau perintah yang ak Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)
Graphic Pads yang dipakai mempunyai 2 jenis. Pertama, memakai jarum (Stylus) yang dihubungkan kepada alas tegangan rendah. Pada alas tersebut terdapat permukaan membran sensitive sentuhan (touch sensitive membrane surface). Cara kerjanya ialah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Baca juga pelajaran wacana teknologi DISINI 😊


EmoticonEmoticon