Keuntungan Penerapan Teknologi Gosip Dan Komunikasi (Tik)

Begitu banyak laba yang kita dapatkan dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita menjadi gampang dalam melaksanakan apapun dan mencari informasi apapun dengan cepat dan akurat.
 Begitu banyak laba yang kita dapatkan dalam perkembangan teknologi informasi dan ko Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Keuntungan-keuntungan penerapan TIK tersebut antara lain:
1. Memudahkan kita dalam berkomunikasi dan menerima informasi.
    Internet sebagai suatu media komunikasi yang paling banyak dipakai oleh orang, alasannya ialah internet sanggup berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Juga sanggup melaksanakan pencarian informasi dengan
cepat.
2. Membuka peluang bisnis baru.
    Keunggulan teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis yaitu sanggup membuka peluang bisnis gres lewat internet Fenomena ini ditandai degan adanya iklan yang terdapat pada setiap situs komersil, selain itu juga terdapat situs yang sanggup memperlihatkan informasi lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja
3. Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh (telemedicine)
    Perkembangan terknologi informasi dan komunikasi juga sanggup dirasakan dalam bidang kesehatan. Hal ini ditandai dengan terdapat software yang sanggup mendeteksi penyakit yang ada dalam badan manusia
4. Memperkaya kebudayaan.
    Dengan adanya kemajuan teknologi kita sanggup memperlihatkan kekayaan kebudayaan kita melalui situs internet yang sanggup dilihat oleh orang di seluruh dunia.


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di banyak sekali bidang dalam kehidupan sehari-hari ialah sebagai berikut.

1. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Komunikasi
    Salah satu pola penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang komunikasi ialah akomodasi e-mail. E-mail (electronic mail) ialah surat yang dikirim melalui internet. Contoh perusahaan pembuat e-mail ialah yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity, dan lain-lain.
Keuntungan e-mail adalah:
  • Menghemat waktu alasannya ialah pesan lebih cepat diterima oleh akseptor pengirim tidak perlu menunggu usang biar pesannya dibaca oleh penerima.
  • Menghemat tenaga dan biaya alasannya ialah pengirim tidak perlu tiba ke kantor pos untuk mengirim surat.

    Contoh lainnya ialah internet messenger. Internet messenger ialah komunikasi antara satu orang dengan orang lain memakai teks, suara, atau video melalui komputer. Komunikasi jenis ini sanggup dilakukan dengan satu orang atau beberapa orang sekaligus (conference).
Keuntungan dari internet messenger adalah:
  • Menghemat biaya alasannya ialah dengan internet messenger sanggup melaksanakan komunikasi jarak jauh.
  • Dapat berkomunikasi dengan banyak orang secara pribadi walaupun berada di daerah yang berbeda, alasannya ialah internet messenger dilengkapi dengan akomodasi conference sehingga seakan-akan kita sedang mengobrol secara langsung.
  • Dapat bertatapan pribadi dengan lawan bicara jikalau komputernya dilengkapi dengan webcam, yaitu alat yang berupa kamera.


2. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
    Dalam perusahaan, penggunaan teknologi informasi sangat bermanfaat sekali. Contohnya penggunaan komputer, faksimile, printer, telepon, dan sebagainya. Keuntungan yang diperoleh adalah:
  • Menghemat kertas, alasannya ialah pada dikala mencetak dokumen kita sanggup menyelidiki terlebih dahulu dokumen yang akan dicetak. Jika ada kesalahan ketik, tinggal diperbaiki lewat jadwal komputer. Lain halnya jikalau memakai mesin tik, jikalau terjadi kesalahan, harus diganti dengan kertas baru.
  • Menghemat waktu, alasannya ialah untuk mengirim dokumen tinggal mengirimkannya melaui faksimile. Penerima pribadi sanggup mendapatkan dokumen yang dikirim tanpa harus menunggu lama.
  • Memudahkan pencarian dokumen, alasannya ialah dokumen tersimpan dengan rapi dan lebih kondusif jikalau dibandingkan dengan penyimpanan secara manual.


3. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
    Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. E-commerce ialah perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Media yang dipakai untuk menjual barang dagang ialah media elektronik, menyerupai radio, televisi, dan lain-lain. Pada zaman sekarang, e-commerce lebih banyak memakai internet sebagai media utamanya.
    Perdagangan melalui media elektronik memperlihatkan banyak manfaat bagi kedua belah pihak, baik sisi perusahaan penjual barang maupun sisi pelanggan. Keuntungan bagi perusahaan adalah:
  • Perusahaan sanggup menjual produknya kepada pelanggan di seluruh dunia. Misalnya, orang Singapura sanggup membeli barang dari perusahaan Indonesia tanpa harus pergi ke Indonesia.
  • Meningkatkan pendapatan perusahaan. Dengan banyaknya pelanggan yang membeli barang pada perusahaan, maka akan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan itu sendiri.
  • Menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan alasannya ialah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk gedung dan pegawai yang banyak.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan. Apabila pelanggan puas dengan barang yang beli, maka pelanggan tersebut akan menceritakan kepada rekannya, dan jadinya ikut berbelanja dengannnya di perusahaan tersebut.

Sedangkan, laba bagi pelanggan adalah:
  • Pelanggan hanya berbelanja pada satu tempat. Pelanggan hanya tinggal melihat barang-barang melalui intenet tanpa harus tiba ke toko secara langsung, kemudian memesan barang tersebut. Dan barang pun akan segera diantar ke daerah pelanggan.
  • Harga barang lebih murah. Pelanggan sanggup membandingkan harga dari tiap-tiap toko, kemudian menentukan yang paling murah.
  • Menghemat tenaga dan biaya alasannya ialah tidak perlu mendatangi toko yang mungkin berada jauh dari rumah.
  • Pelanggan sanggup membeli barang dari negara lain jikalau di negaranya belum tersedia.


4. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
    Salah satu pola penerapan teknologi informasi dan komunikasi ialah transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet banking. Internet banking ialah layanan perbankan yang dilakukan dengan memakai internet. Layanan internet banking memungkinkan nasabah sebuah bank untuk melaksanakan transaksi perbankan di internet. Internet banking memperlihatkan manfaat bagi kedua belah pihak, baik pihak bank maupun pihak nasabah itu sendiri. Adapun laba bagi pihak bank adalah:
  • Mengurangi biaya yang harus dikeluarkan bank untuk menggaji karyawan dan sewa ruangan, alasannya ialah jumlah nasabah yang tiba pribadi ke bank semakin sedikit sehingga jumlah pegawai untuk melayani nasabah sanggup dikurangi dan luas kantor yang disediakan sanggup menjadi lebih kecil.
  • Loyalitas nasabah bertambah besar alasannya ialah internet banking memperlihatkan keleluasaan kepada nasabah untuk melaksanakan transaksi dari mana saja dan kapan saja.

Sedangkan, laba untuk pihak nasabah adalah:
  • Menghemat waktu alasannya ialah nasabah tidak perlu tiba pribadi ke bank untuk melaksanakan transaksi.
  • Memberikan rasa nyaman kepada nasabah alasannya ialah kemudahan untuk melaksanakan transaksi di manapun tempatnya dan kapanpun waktunya.
  • Mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan nasabah jikalau harus pribadi tiba ke bank.


5. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
    Salah satu pola penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan ialah proses berguru mengajar jarah jauh (e-learning).
Keuntungan dari e-learning adalah:
  • Mengurangi biaya transportasi alasannya ialah hanya cukup tiba ke internet.
  • Dapat pribadi mengambil bahan dari guru sehingga menghemat biaya untuk membeli buku.
  • Materi yang diberikan ditampilkan dengan menarik.
  • Dapat diakses kapanpun waktunya dan dimanapun tempatnya.

Selain e-learning, ada juga perpustakaan online. Perpustakaan online ialah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet.
Keuntungan perpustakaan online adalah:
  • Kemudahan untuk mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan gampang tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu.
  • Menghemat biaya alasannya ialah tidak perlu membeli buku.


6. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan
    Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan ialah penggunaan sinar rontgen yang berkhasiat untuk melihat struktur paruparu. Selain itu, pemanfaatan sinar CT scan yang berfungsi untuk melihat jaringan otak seseorang. Jika ada pasien yang mengalami kerusakan pada otak, melalui CT scan tersebut sanggup diketahui, bab mana saja yang mengalami kerusakan. Tentu saja ini sangat membantu pihak dokter untuk mengetahui bab mana saja yang perlu diobati sehingga dokter tidak menerka begitu saja kerusakan yang terjadi pada pasien.
    TIK mengambarkan keuntungannya pula di bidang kesehatan. TIK dalam bidang kesehatan lebih dikenal dengan istilah e-health. Definisi e-health yang banyak dipakai ialah penggunaan jaringan informasi dari teknologi telekomunikasi terutama internet untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. E-health di internet mempunyai beberapa topik, menyerupai berikut.
  • Mengumpulkan isu warta ihwal obat obatan
  • Mencari informasi ihwal medical services
  • Mencari informasi ihwal drugs and medications
  • Mengumpulkan informasi spesifik penyakit tertentu
  • Mencari informasi ihwal gaya hidup sehat
  • Mencari kelompok diskusi ihwal kesehatan


7. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan
    Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government yang ditujukan untuk meningkatkan kekerabatan pemerintah dengan pihak-pihak lain.
Keuntungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintah adalah:
  • Meningkatnya layananan kepada masyarakat. Masyarakat sanggup mendapatkan informasi yang diharapkan melalui website yang disediakan, kapanpun dan dimanapun tanpa harus tergantung pada jam buka kantor, dan tidak perlu tiba pribadi ke kantor pemerintahan.
  • Meningkatnya kekerabatan antara pemerintah dengan dunia perjuangan dan masyarakat alasannya ialah informasi lebih gampang diperoleh. Juga sanggup menumbuhkan kepercayaan dari dunia perjuangan dan masyarakat alasannya ialah adanya transparansi informasi dari pemerintah.
  • Tersedianya informasi yang gampang diakses masyarakat. Hal ini akan menciptakan masyarakat sanggup mengambil keputusan dengan benar.
  • Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan menciptakan pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efisien alasannya ialah hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi momok yang menyeramkan bagi dunia perjuangan dan masyarakat.

8. Keuntungan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikai di Bidang Pertanian
    Internet menjadi faktor penting donasi TIK terhadap bidang pertanian. Di internet, kita sanggup menemukan banyak sekali situs-situs yang berkaitan dengan pertanian. Banyak informasi penting yang diberikan situs-situs tersebut, menyerupai cara pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan efek ekspresi dominan kemarau, cara pemberantasan hama, sumber benih, dan harga pasaran.


EmoticonEmoticon