Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern (Macam-Macam, Contoh, Dan Gambar Alat Komunikasi)

A. Alat Komunikasi Tradisional
    Alat-Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala. Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi mengalami kemajuan yang begitu pesat dari alat tradisional menjadi alat yang modern mirip sekarang. 
Apakah orang purba melaksanakan komunikasi?
    Jika diperhatikan dari kemampuan bahasanya, tampaknya mereka tidak melaksanakan komunikasi. Namun, bahwasanya merekapun melaksanakan komunikasi. Hanya saja komunikasi orang purba berupa pengenalan bentuk saja. Orang purba sanggup menggambarkan informasi yang mereka peroleh dengan cara menggambarkannya di dinding-dinding gua.
    Selain memakai gambar di gua, orang pada zaman dahulu memakai asap untuk melaksanakan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan oleh suku bangsa Indian di Amerika. Mereka memakai asap sebagai tanda peringatan, tanda bahaya, dan meminta bantuan.

Berikut ini yaitu beberapa jenis alat-alat komunikasi tradisional / peralatan komunikasi pada zaman dahulu.
1. Papyrus
    Kertas merupakan alat untuk menulis yang biasa dipakai sehari-hari. Pada zaman dahulu orang juga sudah mengenal kertas. Saat itu orang mengenalnya dengan sebutan Papyrus. Papyrus dipakai untuk mencatat sebuah bencana atau untuk menyimpan data-data perhitungan. Kertas ini terbuat dari daun flora papyrus. Tanaman papyrus tumbuh di kawasan sungai Nil. Tanaman ini hanya sanggup hidup di kawasan yang lembab dan basah. Daunnya panjang dan tinggi. Serat pohon ini juga terkenal kuat. Hal ini sanggup dibuktikan dengan masih tersimpannya teks-teks yang terbuat dari kertas papyrus di perpustakaan Mesir Kuno. Cara menciptakan kertas dari papyrus ini sangat mudah. Orang-orang zaman dahulu hanya perlu melapisi, membasahi, dan mengeringkan daun papyrus. Namun, sayangnya keberadaan dan penggunaan kertas papyrus tidak sanggup berkembang alasannya yaitu mulai tergeser dengan adanya kulit hewan yang sanggup dipakai untuk menulis.
Berikut yaitu gambar dari alat komunikasi tradisional papyrus:
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
Bagaimanakah perkembangan goresan pena sebagai alat komunikasi?
    Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan memakai simbol. Di Indonesia sendiri, goresan pena mulai dikenal pada zaman kerajaan-kerajaan kuno, mirip Kutai, Pajajaran, Majapahit, dan Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan goresan pena sebagai alat komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. Orang-orang kerajaan memakai banyak sekali bahan, mirip kulit kayu, daun lontar, serta kerikil prasasti sebagai media komunikasi. Pada ketika itu, alat komunikasi hanya dipakai oleh kalangan-kalangan tertentu, mirip raja dan bangsawan.

2. Bereguh
    Ada banyak sekali cara yang dilakukan masyarakat untuk sanggup berkomunikasi. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan pelosok. Agar mereka sanggup saling berkomunikasi dengan lancar dan mudah, dibuatlah sebuah alat komunikasi sederhana. Salah satu alat komunikasi yang dibentuk yaitu Bereguh. Bereguh merupakan alat komunikasi tradisional masyarakat Aceh yang penggunaannya dengan cara ditiup. Bereguh ini sanggup menghasilkan beberapa nada, tergantung cara meniupnya. Bereguh dipakai untuk berkomunikasi dalam jarak yang berjauhan atau ketika berada dalam hutan. Bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Saat ini bereguh sudah jarang dipakai lagi.
Berikut yaitu gambar bereguh:
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)

3. Kulkul
    Alat komunikasi tradisional peninggalan leluhur lainnya yaitu Kulkul. Kulkul serupa kentongan yang terbuat dari kayu berongga. Kulkul dipakai oleh masyarakat Bali untuk mengumpulkan warga. Cara memakai kulkul dengan dipukul mirip kentongan di Jawa. Ketika kulkul dipukul, semua orang akan berusaha mendengarkan dan mengartikan irama kulkul kemudian melaksanakannya.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Bagi masyarakat Bali, kulkul mempunyai nilai sakral dan keramat. Oleh alasannya yaitu itu, untuk menciptakan kulkul harus melalui proses yang panjang. Ada tahap-tahap tertentu untuk membuatnya, mulai dari menentukan kayu, menebang, dan hasilnya membuatnya. Untuk tiap tahapan dilakukan banyak sekali macam upacara untuk menghasilkan kulkul yang mempunyai kekuatan magis dan suci.
Sesuai kegunaannya kulkul dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
  1. Kulkul Dewa
  2. Kulkul Bhuta
  3. Kulkul Manusa
  4. Kulkul Hiasan.
    Kulkul Dewa dibunyikan untuk memanggil para dewa. Kulkul Bhuta dibunyikan untuk memanggil Bhuta Kala semoga keadaan alam menjadi kondusif dan tenteram. Kulkul Manusa dibunyikan untuk kegiatan insan baik yang sudah disepakati mirip pertemuan, gotong royong, maupun keadaan yang mendadak terjadi mirip banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Sedangkan Kulkul Hiasan merupakan kulkul yang dibentuk indah dengan diberi hiasan-hiasan. Kulkul hiasan ini biasanya dipakai untuk souvenir. Setiap jenis kulkul mempunyai irama yang berbeda-beda. Kulkul diletakkan di tempat khusus yang diberi nama Bale Kulkul. Sampai kini kulkul masih dipakai oleh masyarakat Bali.


B. Alat Komunikasi Modern
    Manusia selalu berusaha menemukan dan menyebarkan peralatan komunikasi. Peralatan komunikasi selalu dikembangkan untuk semakin mempermudah dan membantu setiap kegiatan manusia. Kecepatan dan ketepatan penyampaian informasi merupakan pecahan penting bagi insan untuk menyebarkan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut akan dibahas beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi modern yang telah dikembangkan manusia. Pada mulanya peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi dipisahkan.

Berikut yaitu contoh-contoh alat komunikasi pada era modern hingga ketika ini:
1. Surat Kabar
    Surat kabar merupakan lembaran kertas yang menghimpun informasi-informasi. Kertas yang dipakai biasanya mempunyai biaya rendah. Kertas ini disebut kertas koran. Surat kabar memuat berita-berita terkini dan nyata dalam banyak sekali topik. Topiknya bermacam-macam mulai dari politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana, hingga cuaca. Surat kabar juga dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, mirip info untuk industri, penggemar olahraga, penggemar seni, atau partisipan.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Surat kabar sore dan surat kabar mingguan juga umum diterbitkan. Kebanyakan negara mempunyai setidaknya satu surat kabar nasional yang terbit di seluruh pecahan negara. Di Indonesia contohnya KOMPAS, Media Indonesia, dan The Jakarta Post.
    Ide menerbitkan surat kabar sudah setua zaman Romawi kuno. Saat itu, bencana sehari-hari diterbitkan dalam bentuk gulungan yang disebut dengan “Acra Diurna”. Setelah Gutenberg menemukan mesin cetak di masa kelima belas, buku-buku pun mulai diterbitkan di Perancis dan Inggris, begitu pula halnya dengan surat kabar. Surat kabar pertama kali dibentuk di Amerika Serikat, dengan nama “Public Occurrenses Both Foreign and Domestick” pada tahun 1690.
    Di Indonesia, surat kabar mulai terbit pada pertengahan masa 18 dan umumnya diterbitkan oleh orang-orang Belanda dan berbahasa Belanda pula. Namun, seiring dengan perkembangan, mulai bermunculan surat kabar yang diterbitkan dalam bahasa Melayu. Kebanyakan surat kabar ini masih beraksara Arab, Jawa, ataupun adonan dengan huruf Latin. Surat kabar pertama di Indonesia yaitu surat kabar Warta Berita. Surat kabar ini terbit pada tahun 1901 dengan bahasa Melayu dan beraksara latin.
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, ketika ini surat kabar tidak hanya melalui media kertas tetapi juga versi online sanggup diakses melalui internet.

2. Majalah
    Majalah didefinisikan sebagai kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas banyak sekali ukuran dan bersampul, setidak-tidaknya mempunyai wajah yang dirancang secara khusus. Majalah terbit secara berkala, bukan terbit setiap hari, contohnya mingguan atau bulanan.

3. Radio
     Kamu tentu sudah tidak absurd lagi dengan radio. Adakah radio di rumahmu? Saat mendengarkan radio kau sanggup memperoleh informasi. Melalui radio, kau juga sanggup mendengarkan musik, menentukan musik, serta ikut berbincangbincang memberi pandapat ihwal suatu hal. Tahukah kau bahwa radio juga mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan banyak orang? Bagaimana ya caranya? Radio dipakai oleh banyak kalangan, mirip angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat. Kapal-kapal memakai radio untuk berkomunikasi.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Salah satu teladan peranan penting radio yaitu ketika pada tahun 1912 kapal Titanic mengalami kecelakaan dan tenggelam. Melalui radio antarkapal yang satu dengan kapal yang lain sanggup saling berkomunikasi, bahkan dengan stasiun radio darat. Melalui informasi yang diberikan, kapal terdekat atau stasiun darat terdekat sanggup tiba dengan cepat untuk memberi santunan pada kapal yang mengalami kecelakaan, sehingga banyak orang yang terselamatkan.
    Radio memakai gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan bunyi melalui udara. Gelombang radio yaitu satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini terbentuk ketika obyek bermuatan listrik dimodulasi. Modulasi yaitu teknik menumpangkan sebuah sinyal pada sinyal yang lain. AM (Amplitude Modulation) dan FM (Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan. Sistem FM mempunyai kelebihan sanggup menghilangkan gangguan oleh gelombang radio lainnya. FM juga sanggup menghilangkan gangguan bunyi oleh cuaca mirip petir
maupun hujan dan menghasilkan bunyi yang lebih jernih dibanding dengan sistem AM. Namun, sistem FM mempunyai kelemahan yaitu jangkauan yang kurang luas.

4. Televisi
    Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi yaitu pesawat yang sanggup menangkap siaran gambar dan bunyi dari pemancar. Dengan televisi, kau sanggup melihat lokasi suatu kawasan maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, peresmian presiden, dan budaya setiap kawasan maupun bangsa lain dengan gampang sanggup kau lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga dipakai untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)

5. Handy Talky
    Handy talky yaitu peralatan komunikasi antara dua orang dengan memakai pesawat khusus (HT) tanpa kabel. Pesawat khusus ini biasanya memakai gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun komunikasinya secara bergantian dan sanggup didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi jenis ini sering dinamakan brikbrikan dan yang sering memakai komunikasi dengan alat ini yaitu pihak kepolisian di lapangan.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)

6. Telepon
    Saat ini telepon sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat dunia. Dari bawah umur hingga orang dewasa, telepon sudah tidak absurd lagi. Apakah telepon itu?
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Telepon yaitu alat komuniksasi jarak jauh atau biasa disebut alat telekomunikasi. Alat ini yang mengubah dan mengirimkan bunyi menjadi energi listrik melalui kabel telepon. Telepon dipakai untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif gampang dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh.

7. Faksimili (Mesin Faks)
    Faksimili yang juga disebut dengan faks merupakan mesin yang mengerjakan proses pemindaian terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditransmisikan melalui sebuah saluran telepon menuju ke sebuah mesin peserta faks. Jadi, faksimili ini merupakan alat homogen pesawat telepon yang mempunyai akomodasi pengiriman goresan pena atau gambar kepada pengguna mesin peserta faksimili yang lain.

8. Telepon Selular (Handphone/HP)
    Apakah telepon selular itu? Orang United Kingdom (negara-negara di bawah kerajaan Inggris) menyebutnya dengan istilah mobile, orang Amerika Serikat menyebutnya dengan istilah cell phone (ponsel), sedangkan orang Inggris menyebutnya dengan sebutan handphone. Di Indonesia, telepon selular sering disebut handphone atau sering disingkat HP, telepon genggam, ataupun ponsel.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Bagaimana cara kerja telepon selular? Ketika menekan suatu rangkaian nomor telepon, telepon selular akan mengeluarkan frekuensi yang sama dengan rangkaian nomor telepon tersebut. Frekuensi itu akan dimodulasi oleh telepon selular untuk dikirim ke menara telepon selular atau sering disebut BTS. Dari BTS, sinyal frekuensi diteruskan ke operator satelit. Kemudian, sinyal dari operator diteruskan ke satelit. Oleh satelit, sinyal frekuensi diteruskan ke telepon seluler yang mempunyai frekuensi tersebut.
    Di era teknologi canggih ini, fungsi Handphone/HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu sama lain dengan jarak jauh. HP juga dipakai untuk mendengarkan radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video. Kamu juga sanggup mengirim dan mendapatkan goresan pena atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP sanggup dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet.

9. Internet
    Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang semakin populer. Walaupun Internet belum terlalu memasyarakat, namun di banyak sekali bidang masyarakat telah mencicipi efek internet.
    Jika kau memakai telepon, kau hanya sanggup mendengar bunyi lawan bicara. Melalui Internet, kau tidak hanya sanggup mendengar bunyi lawan bicara, tetapi kau juga sanggup melihat lawan bicara. Hal tersebut sanggup dilakukan jikalau kau dan lawan bicaramu memakai webcam. Webcam yaitu kamera digital yang dibentuk untuk mengambil gambar secara digital dan sanggup dihubungkan dengan Internet. Saat ini, Internet tidak hanya sanggup diakses memakai komputer. Kamu juga sanggup memakai telepon genggam atau smartphone untuk mengakses internet.

10. Komputer (PC)
    Komputer yaitu alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membantu insan dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer sanggup berupa tulisan, gambar, suara, video, atau animasi.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)

11. Laptop/Notebook
    Laptop/notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer, tetapi bentuknya lebih mudah alasannya yaitu sanggup dilipat dan dibawabawa, serta memakai santunan baterai charger sehingga sanggup dipakai tanpa memakai listrik.

12. Smartphone (Ponsel Pintar)
    Smartphone / telepon pandai yaitu telepon genggam/handphone yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang ibarat komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja memakai seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan korelasi standar dan fundamental bagi pengembang aplikasi.
Alat komunikasi sudah ada semenjak dahulu kala Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)
    Smartphone dikatakan pandai ialah alasannya yaitu ia mempunyai kecanggihan yang tak dimiliki oleh telepon selular biasa. Sebagai teladan sebut saja teknologi kamera yang jernihnya itu. Atau fitur Wi-Fi untuk jalan masuk internet secara nirkabel, sensor navigasi mirip GPS dan kompas, pendeteksi wajah dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh produsen smartphone yang terkenal ketika ini yaitu Apple, Samsung, Asus, Xiaomi, Sony, dll.

Dalam perkembangan menurut fungsinya, peralatan teknologi informasi dan teknologi komunikasi sulit dipisahkan sehingga muncul istilah teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi yaitu teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Peralatan yang merupakan teknologi informasi dan komunikasi yaitu radio, telepon, televisi, dan yang paling modern ketika ini yaitu internet.
Apa itu internet?
    Internet yaitu suatu jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Banyak orang memakai akomodasi internet untuk banyak sekali macam tujuan. Ada yang ingin mengobrol dengan chatting, mencari informasi dengan browsing, mengirim surat lewat surat elektronik atau e-mail, bermain game untuk hiburan, dan ada juga yang berbisnis lewat internet. Internet memudahkan insan untuk saling bekerjasama dan mencari informasi. Internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dari negara mana pun sanggup saling mengakses internet. Perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Ikuti selalu perkembangannya, baik melalui media cetak maupun internet semoga kau tidak menjadi gagap teknologi.


EmoticonEmoticon