Rpp K13 Kelas 8 Bahasa Inggris Semester 2 & 1 Revisi 2017 Terbaru

Materi pokok atau kompetensi dasar bahasa inggris kelas 8 semester genap revisi 2017 banyak dicari oleh guru SMP untuk digunakan sebagai rujukan penting dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Perangkat pembelajaran bahasa inggris kelas 8 semester 2 merupakan dokumen penting yang akan digunakan sebagai teladan mengajar dikelas. Bagi guru yang mengajar pada satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013, harus memunculkan kegiatan pembelajaran kala 21 yakni yang memuat Literasi, PPK, 4C dan hots.
Sebagai rujukan dalam membuat rpp terbaru mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII, maka dibawah ini adalah rujukan rpp terbaru dilengkapi dengan semua materi pokok k13 revisi 2017.

Kompetensi Dasar
Indikator
3.9    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison)
·    Membadingkan jumlah dan sifat orang, benda, binatang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·    Menjawab pertanyaan dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam teks, secara lisan.
·    Mendeskripsikan perbandingan jumlah dan sifat orang, benda, binatang yang tampak dalam dua gambar yang berbeda
·    Mengajukan pertanyaan dan akhir terkait perbandingan orang, benda, binatang yang mereka ketahui di rumah, sekolah dan sekitarnya
4.9    Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·    Membuat beberapa teks pendek dan sederhana membandingkan orang, benda, binatang yang mereka ketahui
·    Mengajukan pertanyaan dan akhir wacana teks masing-masing dengan teman-temannya
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diharapkan dapat:
  • Membandingkan jumlah dan sifat orang, benda, binatang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
  • Menjawab pertanyaan dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam teks, secara lisan.
  • Mendeskripsikan perbandingan jumlah dan sifat orang, benda, binatang yang tampak dalam dua gambar yang berbeda
  • Mengajukan pertanyaan dan akhir terkait perbandingan orang, benda, binatang yang mereka ketahui di rumah, sekolah dan sekitarnya
  • Membuat beberapa teks pendek dan sederhana membandingkan orang, benda, binatang yang mereka ketahui
  • Mengajukan pertanyaan dan akhir wacana teks masing-masing dengan teman-temannya
D. Materi Pembelajaran
  • Fungsi sosial Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mengkritik, mengagumi.
  • Struktur teks
    - Memulai
    - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
  • Unsur kebahasaan - Kalimat perbandingan positif, komparatif dan superlatif dengan: as ... as, -er, -est, more ..., the most ...
    - Perbandingan jumlah: more, fewer, less
    - Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
    - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tabrakan pena tangan
  • Topik Perbandingan orang, benda, binatang di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang mampu menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran 1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F. Media Pembelajaran

1. Media

 Worksheet atau lembar kerja (siswa)
 Lembar penilaian
2. Alat/Bahan
 Penggaris, spidol, papan tulis
 Laptop & infocus

G. Sumber Belajar

 Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas VIII, Kemendikbud, Revisi Tahun 2017
 Kamus Bahasa Inggris
 Pengalaman akseptor didik dan guru
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
 Materi pokok atau kompetensi dasar bahasa inggris kelas  RPP K13 Kelas 8 Bahasa Inggris Semester 2 & 1 Revisi 2017 Terbaru
Untuk password RAR file rpp bahasa inggris kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".
  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung dikala diucapkan - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang dan benda - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ insiden yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Personal Recount; Memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice) terkait kegiatan sekolah - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs - COMOT RPP
Untuk password RAR file rpp bahasa inggris kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".


EmoticonEmoticon