Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018
Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dan membagikan file tentang Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018
Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
Pahami keluasan cakupan bahan yang termuat dalam KD
Pahami kedalaman bahan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama mencar ilmu di lembaga PAUD.
Tentukan prioritas bahan yang mendukung pencapaian KD.
1. Identitas RPPH
Identitas sebuah RPPH memuat:
nama Satuan PAUD ialah nama satuan PAUD yang menyusun RPPH
semester/bulan/minggu yang keberapa
hari/tanggal
tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di acara semester.
kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran.
2. Materi
Materi diambil dari bahan yang telah dijabarkan di RPPM. Materi sejalan dengan tujuan yang telah dituliskan di atasnya. Materi sanggup dibedakan menjadi:
Materi untuk pengembangan sikap sanggup dituliskan di RPP kemudian masuk ke SOP atau eksklusif dimasukkan menjadi acara rutin dan diterapkan melalui penyesuaian serta diulang-ulang setiap hari sepanjang tahunnya (ditindaklanjuti dengan dimasukkan ke dalam SOP kegiatan).
Materi pengembangan pengetahuan dan keterampilan dikenalkan sesuai dengan RPPH.
Contoh Materi RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Subtema Tubuhku
Materi dalam RPPH subtema tubuhku dalam kegiatan:
Doa sebelum dan sehabis belajar,
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
Mengelompokkan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segitiga), dan jumlah bilangan (5 - 10), Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
Doa sebelum mencar ilmu dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudahmakan.
3. Alat dan Bahan
- Alat dan bahan sangat terkait dengan acara yang akan dikelola guru pada hari itu.
- Kegiatan diambil dari beberapa rencana acara yang ada di RPPM.
- Kegiatan yang ditetapkan tergantung pada pengelolaan model pendekatan yang digunakan di satuan PAUD tersebut.
- Alat dan bahan ditata untuk menarik minat mencar ilmu anak.
- Contoh alat dan bahan untuk subtema tubuhku
- Kegiatan membuat bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
- Kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemek untuk menutup baju anak.
- Kegiatan membuat membutuhkan shuttlecock bekas, kertas warna warni, lem, dan asesoris mata.
- Kegiatan menggunting dan menempel (kolase) gambar anggota tubuh membutuhkan rujukan anggota tubuh, lem, potongan gambar anggota tubuh untuk menempel, dan gunting.
4. Kegiatan Pembukaan
- Kegiatan pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak semoga anak siap bermain di acara inti.
- Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan bahan pembelajaran.
- Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan acara bermain yang sudah disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
- Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
- Bernyanyi “ Aku Ciptaan Tuhan”
- Doa sebelum belajar
- Membacakan buku cerita
- Mengenalkan aturan bermain
- Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Yang Mahakuasa atas tubuhnya
5. Kegiatan Inti
- Proses mencar ilmu menerapkan pendekatan saintifik, yakni anak mengamati sesuai dengan tema yang dibahas, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
- Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan secara lebih fleksibel dan lebih luas. Artinya bisa diterapkan di dalam ruangan, di luar ruangan, menggunakan sumber mencar ilmu yang ada, atau memanfaatkan sumber mencar ilmu lingkungan.
- Kegiatan Inti memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.
- Pada tahap mengomunikasikan ditekankan pada anak memperlihatkan gagasannya melalui berbagai acara bermain yang disiapkan.
- Kegiatan bermain diadaptasi dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/ kelompok dengan acara pengaman.
- Jumlah acara yang disediakan setiap harinya minimal 4 acara yang berbeda untuk memfasilitasi anak semoga tetap fokus bermain. Pada acara tertentu misalnya memasak, main peran/drama, atau pengenalan sains guru sanggup menyediakan 1 acara saja.
- Penguatan mengingat (recalling) merupakan kepingan dari acara maindi Inti. Recalling untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak
Berikut ini File Download Contoh RPPH Model Kelompok dengan Kegiatan Pengaman untuk TK PAUD Terbaru Tahun 2017/2018 yang bisa Guru Download Secara Gratis.
Selengkapnya anda bisa eksklusif download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :
LINKDOWNLOAD :
EmoticonEmoticon