Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 Sekolah Menengah Pertama MTs Terbaru Tahun 2017/2018
Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dan membagikan file wacana Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 Sekolah Menengah Pertama MTs Terbaru Tahun 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 Sekolah Menengah Pertama MTs Terbaru Tahun 2017/2018
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum dapat
merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil evaluasi dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik ialah merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan evaluasi keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik evaluasi keterampilan.
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek
pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir- butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul ialah penetapan KKM dan penerapannya secara teknis pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan evaluasi ini diperlukan mampu memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil evaluasi baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
B. Tujuan Penyusunan Panduan
- Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut.
- Merencanakan, berbagi instrumen, dan melaksanakan evaluasi hasil belajar;
- Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian
- Menerapkan aktivitas remedial bagi peserta didik yang belum mencapaiKKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM dan Melaksanakan supervisi penilaian.
Berikut ini File Download Penilaian oleh Pendidik Sesuai Panduan Penilaian K13 Sekolah Menengah Pertama MTs Terbaru Tahun 2017/2018 yang mampu Guru Download Secara Gratis.
Selengkapnya anda mampu langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :
LINKDOWNLOAD :
EmoticonEmoticon