Sd Tiara Islamic School Ajak Siswanya Berguru Di Luar Untuk Mengenal Alam Sekitar


SD (SD) Tiara Islamic School melaksanakan aktivitas berguru di alam untuk memperkaya pengetahuan ihwal ilmu alam, di Hutan Kota, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau.

Elly Marlina, Kepala Sekolah Tiara Islamic School (TIS) menjelaskan, belum dewasa mulai dari kelas 1-3 SD diajak berguru di Hutan Kota Pekanbaru.

Sebelum ke Hutan Kota, sempat singgah dulu di pabrik pembuatan tahu yang berada di Jalan Segunggung, Pekanbaru. Disana belum dewasa diberi pemahaman ilmu ihwal cara pembuatan tahu, kandungan tahu, alat pembuatan tahu dan manfaat tahu bagi badan kita.

"Kegiatan ini dalam rangka mengajak belum dewasa untuk bersosialisasi dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan alam. Selain itu juga, semoga belum dewasa tidak monoton kalau hanya berguru di dalam kelas," kata Elly ketika ditemui di Hutan Kota Pekanbaru.

Dilanjutnya, dari Sekolah TIS menciptakan jadwal berguru luar kelas (Out Class) satu kali dalam sebulan, yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan anak didik ihwal ilmu alam.

"Semua ilmu sanggup ditemui belum dewasa ketika berguru di alam, misal ilmu alam, ilmu sosial, ilmu PPKn bahkan ilmu matematika," tungkas Elly lagi.

Dilanjutnya, dengan berguru di alam, mereka sanggup bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan alam, mengenal bermacam-macam jenis pohon, menghitung jumlah pohon yang ditemukan atau jumlah pengunjung, bahkan berguru seni. Misalnya, mereka disuruh menggambar apa yang mereka temui di lapangan yang menarik bagi mereka, sesudah itu mereka diminta untuk menceritakan kepada teman-teman lainnya.

Pantauan kita di lapangan, tidak hanya itu saja pelajaran yang belum dewasa dapatkan, mereka juga diajarkan kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan yang menciptakan mereka tampak ceria, nyantai dan bahagia sekali berguru di lingkungan yang terbuka.

"Belajar di alam juga menghindari kejenuhan berguru di dalam kelas," tutup Elly mengahiri keterangannya.


EmoticonEmoticon