Membuat Kerajinan Dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, Dan Tahapan Pembuatannya)

Limbah pelepah pisang gampang didapatkan diberbagai tempat. Hal ini dikarenakan pohon pisang gampang tumbuh di permukaan tanah dengan kondisi bermacam-macam. Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang sekarang sanggup diubah menjadi kerajinan yang berpeluang menjadi perjuangan gres yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya. Bahkan, tidak sedikit jumlah pengrajin suvenir bagus pelepah pisang yang sekarang telah berhasil mengantarkan produknya menembus pasar dunia serta membuat lapangan kerja gres untuk mengurangi angka pengangguran di negara kita. Hal ini perlu kita apresiasi bersama.
    Jika diperhatikan, terdapat pesona unik dan kesan menarik yang dihasilkan dari pelepah pisang yaitu garis-garis serat yang ada di permukaan pelepah pisang. Serat pelepah pisnag inilah yang merebut perhatian konsumen di pasar nasional dan mancanegara menyerupai di Singapura, Perancis, serta Italia. Hal ini tentunya menjadi bukti berpengaruh bagi kita bersama, bahwa intinya memulai suatu perjuangan sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara, termasuk juga dengan menyiapkan modal yang sangat sedikit dengan mengolah limbah pelepah pisang menjadi produk gres yang membawa berkah bagi para pengrajinnya.

1. Bahan Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Bahan pembuatan kerajinan pelepah pisang di antaranya pelepah pisang, lem biji-bijan, dan kardus. Bahan-bahan ini gampang didapat di sekitar rumah.
 Limbah pelepah pisang gampang didapatkan diberbagai daerah Membuat Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, dan Tahapan Pembuatannya)

2. Alat Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Alat pembuatan kerajinan pelepah pisang di antaranya gunting, pisau, seterika dan alat penunjang lainnya.
 Limbah pelepah pisang gampang didapatkan diberbagai daerah Membuat Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, dan Tahapan Pembuatannya)

3. Produk Kerajinan Pelepah Pisang
    Produk kerajinan pelepah pisang relatif beragam. Banyak pengrajin telah memproduksi desain gres dari pembuatan kerajinan ini. Beberapa produk yang dihasilkan dari pelepah pisang di ataranya ialah daerah tisu, sandal, vas bunga, sampul buku, wadah serbaguna, aneka patung dan miniatur, serta furniture.

4. Proses Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Proses pembuatan kerajinan limbah pelepah pisang kali ini disajikan bentuk daerah pensil sederhana. Tempat pensil ini sanggup divariasikan bentuknya, bergantung pada bentuk dasar kardusnya, sanggup bentuk silider, kotan, segitiga, persegi lima, atau bentuk lainnya.
 Limbah pelepah pisang gampang didapatkan diberbagai daerah Membuat Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, dan Tahapan Pembuatannya)

Tahapan proses pembuatan kerajinan pelepah pisang ialah sebagai berikut:
  1. Kardus dipotong tumpuan bentuk persegi dan diberi lem
  2. Lem diratakan dan dilapisi pelepah pisang
  3. Bentuk kotak dan lipisi kertas bab pinggir biar kuat
  4. Tempel bab luar dengan pelepah pisang
  5. Siapkan pelepah pisang yang diberi warna dengan tumpuan bunga
  6. Tempelkan bunga pada daerah pensil


Baca juga:


Masyarakat Indonesia telah mempunyai kepedulian yanng tinggi terhadap gosip global warming. Hal ini secara tidak eksklusif menghipnotis minat masyarakat untuk mulai memperhatikan produk-produk kerajinan yang tentunya ramah lingkungan. Kondisi inilah yang dimanfaatkan para pengrajin untuk membuat aneka macam kerajinan daur ulang limbah organik untuk menarik minat para konsumennya. Salah satu peluang perjuangan yang dikala ini ramai dijalankan warga yaitu mengangkat limbah pelepah pisang yang dulunya tidak berkhasiat menjadi karya seni unik dan mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi.
Semoga bermanfaat 😊


EmoticonEmoticon