Jenis karya kerajinan sanggup dibedakan menurut materi baku, sifat bahan, dan fungsinya.
A. Kerajinan Berdasarkan Bahan Baku
Berdasarkan materi bakunya ada banyak sekali jenis karya kerajinan, di antaranya sebagai berikut.
1. Karya kerajinan tekstil
2. Karya kerajinan kulit
3. Karya kerajinan bambu
4. Karya kerajinan rotan
5. Karya kerajinan kayu
6. Karya kerajinan tembikar
B. Kerajinan Berdasarkan Sifat Bahannya
Berdasarkan sifat bahannya, karya kerajinan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis.
1. Karya Kerajinan Bahan Lunak
Bahan-bahan lunak mencakup bahan-bahan yang gampang dibentuk, contohnya tanah liat. Jenis karya kerajinan dari materi lunak yaitu peralatan rumah tangga dari gerabah dan banyak sekali hiasan keramik.
2. Karya Kerajinan Bahan Keras
Bahan keras yakni materi yang sifatnya keras dan sulit dibentuk. Untuk membentuknya diperlukan
teknik dan alat khusus. Contoh karya kerajinan dari materi keras yaitu mebel kayu, tas rotan, dan cindera mata dari materi watu atau kayu.
3. Karya Kerajinan Bahan Semi Keras
Bahan semi keras yakni materi yang sifatnya tidak lunak, tetapi tidak juga keras. Contoh kerajinan dari materi semi keras yaitu hiasan dari foam atau gabus, kreasi bunga dari kertas dan kelobot jagung, serta kreasi benda pakai dari kain perca.
C. Kerajinan Berdasarkan Fungsi
Kerajinan benda pakai mencakup segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan pada badan manusia. Contoh benda (karya) pakai antara lain berupa pakai an, tas, sepatu, sandal, kain sprei, ikat pinggang, dompet, dan peralatan makan.
2. Karya Kerajinan Benda Hias
Kerajinan benda hias mencakup se gala bentuk kerajinan yang dibuat de ngan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan. Contoh benda hias, yaitu patung, kaligrafi hiasan din ding, lukisan kruistik, dan kipas hias.
Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara
Karya kerajinan dari tiap tempat mempunyai ciri atau keistimewaan, baik dalam ragam hias, bahan, maupun tekniknya. Kita sanggup mengapresiasi (menilai) karya kerajinan ber dasarkan ciri atau keistimewaan tersebut. Ragam hias banyak terdapat pada karya kerajinan menyerupai batik, ukiran, dan topeng. Simak pola apresiasi terhadap karya kerajinan berikut.
1. Apresiasi Terhadap Karya Batik
Gambar diatas mengatakan batik dari Surakarta. Ragam hias batik tersebut dinamakan bendo seling naga. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik Surakarta, batik tersebut bercorak geometris. Ciri batik Surakarta yang lain yaitu warna-warnanya yang kalem, dan monoton.
Sedangkan gambar diatas mengatakan batik dari Garut, ragam hias batik tersebut dinamakan merak ngibing. Batik dari Garut termasuk batik pesisir. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik pesisir, batik tersebut tampak naturalis, berwarna cerah, dan mempunyai motif yang bervariatif.
Gambar diatas mengatakan batik dari Surakarta. Ragam hias batik tersebut dinamakan bendo seling naga. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik Surakarta, batik tersebut bercorak geometris. Ciri batik Surakarta yang lain yaitu warna-warnanya yang kalem, dan monoton.
Sedangkan gambar diatas mengatakan batik dari Garut, ragam hias batik tersebut dinamakan merak ngibing. Batik dari Garut termasuk batik pesisir. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik pesisir, batik tersebut tampak naturalis, berwarna cerah, dan mempunyai motif yang bervariatif.
2. Apresiasi Terhadap Tas Daun Sagu dan Tenun Ulap Doyo
Pada gambar diatas mengatakan tas daun sagu. Tas daun sagu banyak dibuat di Papua, alasannya di Papua daun sagu melimpah. Tas daun sagu dibuat dengan teknik menganyam. Keistimewaan tas daun sagu terletak pada bahannya yang bersifat alami, serta motif-motif anyaman yang geometris.
Kain tenun merupakan hasil kerajinan dari Kalimantan Timur. Keistimewa an kain ini terletak pada materi baku serta motifnya. Kain tenun ini dibuat dari serat ulap (daun) doyo, oleh lantaran itu dinamai tenun ulap doyo. Motif-motifnya kebanyakan berupa figur manusia, burung enggang, dan motif-motif khas Kalimantan Timur lainnya.
Pada gambar diatas mengatakan tas daun sagu. Tas daun sagu banyak dibuat di Papua, alasannya di Papua daun sagu melimpah. Tas daun sagu dibuat dengan teknik menganyam. Keistimewaan tas daun sagu terletak pada bahannya yang bersifat alami, serta motif-motif anyaman yang geometris.
Kain tenun merupakan hasil kerajinan dari Kalimantan Timur. Keistimewa an kain ini terletak pada materi baku serta motifnya. Kain tenun ini dibuat dari serat ulap (daun) doyo, oleh lantaran itu dinamai tenun ulap doyo. Motif-motifnya kebanyakan berupa figur manusia, burung enggang, dan motif-motif khas Kalimantan Timur lainnya.
3. Apresiasi Terhadap Kerajinan Roncean
Kedua gambar di atas mengatakan hasil karya ke rajinan roncean, yaitu tempat pensil dan anjat (tas tradisional Kalimantan Timur). Ke rajinan roncean diminati oleh wisatawan sebagai cenderamata. Keistimewaan ke rajinan roncean dari Kalimantan Timur ter letak pada bahan, teknik, dan motifnya. Benda pakai menyerupai tempat pensil, dompet, dan anjat dibuat dari manik-manik berwarna-warni dengan ukuran yang sangat kecil. Untuk merangkainya diharapkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Kendati manik-manik yang dirangkai sangat kecil, namun ke rajinan manik-manik Kalimantan Timur tetap tampil dengan motif-motif geometris yang rumit dan indah. Motif pada kerajinan manik-manik kebanyak an mengambil motif tradisional tempat setempat yang biasa diterapkan juga pada gesekan dan kain. (Buku Seni)
Kedua gambar di atas mengatakan hasil karya ke rajinan roncean, yaitu tempat pensil dan anjat (tas tradisional Kalimantan Timur). Ke rajinan roncean diminati oleh wisatawan sebagai cenderamata. Keistimewaan ke rajinan roncean dari Kalimantan Timur ter letak pada bahan, teknik, dan motifnya. Benda pakai menyerupai tempat pensil, dompet, dan anjat dibuat dari manik-manik berwarna-warni dengan ukuran yang sangat kecil. Untuk merangkainya diharapkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Kendati manik-manik yang dirangkai sangat kecil, namun ke rajinan manik-manik Kalimantan Timur tetap tampil dengan motif-motif geometris yang rumit dan indah. Motif pada kerajinan manik-manik kebanyak an mengambil motif tradisional tempat setempat yang biasa diterapkan juga pada gesekan dan kain. (Buku Seni)
EmoticonEmoticon