Modul Guru Pembelajar Sd Kelas Awal Lengkap

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Kali ini kami akan membagikan salah satu modul training bagi guru pembelajar sekolah dasar semua kompetensi lengkap profesional dan pedagogik. Sahabat edukasi, sebagaimana yang anda ketahui, tujuan dari acara guru pembelajar ialah Tmeningkatkan kompetensi guru sebagai biro perubahan dan sumber berguru utama bagi akseptor didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui contoh tatap muka, daring (online), dan adonan (blended) tatap muka dengan online. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut ialah modul untuk acara Guru Pembelajar (GP) tatap muka dan GP online untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diperlukan acara GP menunjukkan pinjaman yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul ini berisi materi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar kelas awal dan disusun sesuai dengan Standar Kompetensi Guru yang diturunkan dari Permendikbud No 16 Tahun 2007. Modul ini juga dilengkapi dengan acara pembelajaran yang sanggup dilakukan baik secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri maupun berbasis kerja kelompok di Kelompok Kerja Guru (KKG). Untuk mengukur pemahaman dan melatih keterampilan peserta, modul ini dilengkapi juga dengan latihan yang berisi dilema dan kasus pembelajaran. 


Penyusunan modul ini bertujuan untuk menunjukkan acuan kepada para guru sekolah dasar, khususnya pada guru SD kelas awal semoga dapat: menguasai kompetensi profesional terkait dengan bahasa Indonesia yang terdiri atas pemahaman, sikap, dan keterampilan terhadap: (1) Hakikat, Fungsi, Kedudukan, dan Ragam Bahasa Indonesia; (2) Pemerolehan Bahasa Anak; (3) Linguistik Bahasa Indonesia; (4) Semantik Bahasa Indonesia; (5) Keterampilan Menyimak; (6) Keterampilan Berbicara; (7) Keterampilan Membaca; dan (8) Keterampilan Menulis.



Berikut kami berikan rangkuman salah satu penilaian dari modul guru pembelajar SD kelas Awal kelompok kompetensi g profesional hakekat pembelajaran ppkn pedagogik perancangan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar

1. Yang dimaksud dengan nilai praxis adalah
A. Nilai dasar yang sifatnya relatuf tetap
B. Nilai dasar yang selalu berubah-ubah
C. Nilai dasar yang sebenarnya dilaksanakan
D. Nilai yang dijabarkan dalam bentuk peraturan perundangundangan

2. Suatu perbuatan ada yang dianggap tercela pada kelompok masyarakat tertentu, tetapi dianggap biasa di lingkungan masyarakat lainnya. Hal ini menjadi argumen dari pandangan yang menganggap adab itu bersifat
A. realistik
B. relativistik
C. obyektivistik
D. individualistik

Download Juga : Silabus Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Semua Mapel Lengkap Th. 2016

3. Sifat ideology terbuka adalah…
A. Praktis berubah
B. Sesuai perkembangan Iptek
C. Menerima semua budaya ajaib yang masuk
D. Ada keluwesan dan kelenturan

4. Suatu nilai yang dijunjung tinggi oleh suatu kelompok masyarakat, contohnya bersama-sama di dalam membersihkan lingkungan sanggup menjadi norma apabila...
A. Telah dibakukan
B. Dihayati secara mendalam
C. Telah menjadi kebiasaan
D. Telah dikenal secara turun temurun

5. Sekalipun di masyarakat telah ada danberkembang kaidah/norma hidup, namun dalam peleksanaannya insan masih memerlukan norma hukum. Hal ini dikarenakan...
A. Setiap insan ingin berusaha untuk berbuat yang terbaik bagi
dirinya B. Semua kepentingan insan telah terwadai dalam kegiatan norma
C. Tidak semua orang mentaati norma yang ada
D. Kepentingan setiap orang berbeda-beda

Download Modul Guru Pembelajar Kelas Awal SD Semua Kompetensi Lengkap

Kelompok Kompetensi A
Profesional
Penguasaan dan keterampilan berbahasa Indonesia
Pedagogik
Karakteristik dan pengembangan potensi akseptor didik di sekolah dasar [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi B
Profesional
Genre dan apresiasi sastra
Pedagogik
Teori berguru dan prinsip pembelajaran [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi B
Profesional
Genre dan apresiasi sastra
Pedagogik
Teori berguru dan prinsip pembelajaran [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik
Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah dasar
Profesional
Kajian bilangan cacah dan statistika [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi D
Profesional
Kajian geometri dan pengukuran di sekolah dasar
Pedagogik
Metodologi pembelajaran di sekolah dasar [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi E
Profesional
Kajian materi IPA sekolah dasar kelas awal
Pedagogik
Penilaian proses dan hasil berguru [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi F
Profesional
Kajian materi ips sekolah dasar kelas awal
Pedagogik
Komunikasi efektif [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi G
Profesional
Hakekat pembelajaran PPKN
Pedagogik
Perancangan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi H
Profesional
Pengembangan materi latih di sekolah
Pedagogik
Pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi I
Profesional
TIK untuk pengembangan diri guru
Pedagogik
Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di sekolah dasar [DOWNLOAD]

Kelompok Kompetensi J
Profesional
Pengembangan keprofesian melalui tindakan reflektif
Pedagogik
Refleksi pembelajaran dan
Tindaklanjut nya melalui penelitian tindakan kelas [DOWNLOAD]

Demikian share Modul Guru Pembelajar SD kelas Awal Lengkap semua kompetensi pedagogik dan profesional yang sanggup duniadikdas bagikan. Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan.






EmoticonEmoticon