Paket Soal Siap Ukg Sd 2015

Paket Soal Siap UKG SD 2015 | Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi UKG 

2015 yang akan segera diselenggarakan selesai bulan november mendatang, Info Edukasi 

berbagi soal UKG 2015 untuk SD, supaya bisa membantu bapak ibu guru SD dalam 

mempersiapkan Tes UKG SD. 


Semoga bermanfaat, jika menginginkan file download, bisa di download pada link 

paling bawah



Berikut,  PAKET SOAL SIAP UKG SD 2015




1.    Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
        a. Metode pembelajaran
        b. Pendekatan pembelajaran
        c. Strategi pembelajaran
        d. Gaya pembelajaran
        e. Kemampuan belajar

2.   Kriteria ketuntasan minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini ….
      a. Intake Siswa
      b. Tingkat Kesulitan
      c. Sarana Pendukung
      d. Bakat dan Minat Siswa
      e. Intake Siswa, TIngkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

3.   Jenis-jenis pembelajaran sanggup diklasifikasikan sebagai berikut:
      a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
      b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioman
      c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
      d. fakta, konsep definisi, aksioma, prosedur
      e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi

4.   Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, sanggup mengacu pada rumusan….
a.   kompetensi dasar
b.   standar kompetensi
c.   indikator
d.   metode pembelajaran
e.   sumber belajar

5. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1.   potensi akseptor didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2.   tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual akseptor didik
3.   kebermanfaatan bagi akseptor didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4.   kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5.   relevansi dengan kebutuhan akseptor didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6.   dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara
lain nomor….
a.    1, 2, 3, 4
b.    2, 3, 5, 6
c.    1, 2, 3, 5
d.    1, 2, 4, 5
e.    3, 4, 5, 6

6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk memilih ketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut……..
a.   memilih kriteria keberhasilan belajar
b.   mengklasifikasi siswa menurut hasil capaian belajarnya
c.   mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang dibutuhkan
d.   merencanakan pengajaran remidi
e.   mengadakan tes remidi

7. Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a.   memperlihatkan pelengkap materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
b.   memperlihatkan tes pelengkap dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c.   memperlihatkan pelengkap sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d.   diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang mempunyai kesulitan tinggi
e.   memperlihatkan pelengkap materi berupa sumber didik dari penerbit yang berbeda

8. Dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.   Semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan
b.   Melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian
c.   Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian
d.   Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan kegiatan perbaikan dan pengayaan
e.   Semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian

9. Pada setiap selesai kegiatan pembelajaran, guru bersama akseptor didik melaksanakan kegian refleksi.
    Hal ini dilaksanakan untuk….
a.   mengukur ketuntasan akseptor didik
b.   mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.   mengukur hal-hal yang belum dipahami akseptor didik
d.   memilih langkah-langkah pertemuan berikutnya
e.   mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

10. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai akseptor didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a.   soal pilihan ganda
b.   soal balasan singkat
c.   soal uraian objektif
d.   kriteria
e.  tes performance

11. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara….
a.   memperlihatkan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas akseptor didik
b.   mengumpulkan lembaran-lembaran balasan hasil tes harian dan ulangan selesai semester tiap akseptor didik
c.   mengumpulkan hasil kerja masing-masing akseptor didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan akseptor didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d.   mengumpulkan lembaran-lembaran balasan hasil ulangan tiap akseptor didik untuk melihat kesulitan akseptor didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e.   mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap akseptor didik

12. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a.   substansi, konstruksi, bahasa
b.   substansi, konstruksi, validitas, skor
c.   substansi, bahasa konstruksi, skor
d.   substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e.   substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

13. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a.   Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b.   Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c.   Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan menurut pola norma, memakai banyak sekali teknik dan instrument penilaian
d.   Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan menurut pola kriteria, memakai banyak sekali teknik dan instrument penilaian
e.   Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, kiprah proyek, portofolio

14. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a.   Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  digunakan  untuk  menilai  pencapaian  kompetensi akseptor didik, materi laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b.   Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan selesai semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c.   Penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi akseptor didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d.   Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e.    Ujian sekolah meliputi semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian

15. Untuk memperoleh penilaian hasil mencar ilmu yang baik meliputi aspek….
a.   kepribadian, kognitif, afektif
b.   kognitif, kepribadian, psikomotor
c.   afektif, kognitif, mental
d.   kognitif, psikomotor, afektif
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Soal Siap UKG SD 2015
Kunjungi Juga :
Kunjungi Juga :
Kunjungi Juga :


EmoticonEmoticon