Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu

 biasanaya kita akan di hadapkan banyak dilema Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu

ketika komputer kita mempunyai 2 sistem operasi atau sering di sebut "Dual Boot" biasanaya kita akan di hadapkan banyak masalah.

Salah satu teladan yang pernah aku alami =>
aku mempunyai 2 sistem operasi dalam komputer saya, yang pertama ialah sistem operasi linux ubuntu, dan yang kedua sistem operasi windows.
pada waktu itu salah satu sistem operasi aku ("windows") terkena virus, dan mengharuskan aku untuk meng install ulang nya. dan sesudah aku install ulang, GRUB di bab paling depan sebelum kita menjalankan sistem operasi linux ubuntu aku hilang, sehingga aku nggak dapat masuk ke Linux ubuntu saya. seketika itu aku berfikir bila linux ubuntu aku rusak jawaban aku install ulang windows, sesudah cari cari gosip di google, ternyata Linux ubuntu tidak lah rusak melainkan GRUB nya saja yang rusak.
 biasanaya kita akan di hadapkan banyak dilema Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu
Cara Membenahinya:
- jalankan live cd linux ubuntu ( tapi sebelum nya ubah booting yang pertama pada bios mejadi cd room dan bukan hardisk).
- buka terminal, caranya tekan tombol ALT+F2 sesudah itu ketik "gnome-terminal" dan enter. atau klik sajian Applications-Accessories-Terminal
- Pada Terminal, ketikkan sudo grub, maka prompt akan berkembang menjadi grub>
- Ketik find /boot/grub/stage1 maka akan ada sebuah output. Contoh outputnya ialah hd0,1
- Ketik root (hdX,Y). Dimana X dan Y ialah keluaran angka dari no.5. Misalkan yang keluar
hd0,1. Maka X =0 dan Y=1. Lalu ketikkan root (hd0,1)
- Berikutnya menginstall GRUB ke MBR dengan perintah setup (hd0)
- Keluar dari grub shell dengan mengetik quit, dan restart komputer, (jangan lupa untuk
merubah settingan BIOS supaya boot pertama ke hardisk anda).

" sesudah itu GRUB secara otomatis akan kembali ibarat semula "
selamat mencoba.........."bravo linux"


EmoticonEmoticon